5 tips sehat saat cuaca ekstrim di Indonesia

 Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia semakin buruk. Beberapa daerah cuaca ekstrim di Indonesia juga sering terjadi, untuk itu Anda perlu menjaga kesehatan. 



Dari pagi hingga sore hari terkadang hujan disertai angin kencang seperti tidak berhenti. Tapi, memasuki sore dan malam hari, cuaca berhenti. Seolah-olah hujan sore belum tiba sama sekali.

 

Situasi ini terjadi setiap hari. Karena cuaca banyak berubah, resistensi bisa berkurang. Efeknya, tubuh mudah sakit, demam, dan pilek. Menjaga ketahanan terhadap perubahan musim dan kondisi cuaca yang sulit diprediksi sangat penting untuk dilakukan.

 

Masa peralihan adalah masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Selama transisi ini, panas yang ekstrim dapat terjadi.

 

Berikut 5 tips sehat saat cuaca ekstrim di Indonesia : 

 

1. Minum banyak air 

Minum air yang cukup sangat penting. Ketika Anda tidak memiliki air, Anda mengalami dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

 

Untuk wanita, mereka membutuhkan setidaknya 2,7 liter air per hari. Sedangkan pria membutuhkan lebih banyak, yaitu 3,7 liter air per hari. Juga baik untuk minum banyak air sebelum tidur. 

2. Istirahat yang cukup 

Tidurlah setidaknya delapan jam setiap malam. Tidur yang cukup, menurut berbagai sumber, ini akan memberi waktu pada otot dan sistem kekebalan untuk "mengisi ulang" dan istirahat. Dengan tidur atau istirahat yang cukup, tubuh dapat pulih dan sistem imun bekerja lebih baik. 

3. Olahraga 

Jangan biarkan cuaca yang tidak terduga menghalangi Anda untuk bergerak. Meski hujan di pagi hari, Anda tetap bisa berolahraga di rumah, misalnya dengan berolahraga atau lompat tali.

 

Ingatlah bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. Karena itu, usahakan untuk tetap berolahraga sebanyak mungkin, meski cuaca tidak bisa diprediksi.

 

4. Makan makanan sehat 

Ingat, makanlah dalam porsi dan selalu makan makanan yang lebih baik. Dilansir Hindustan Times, tubuh membutuhkan pasokan air yang konstan untuk bertahan hidup dalam kondisi cuaca buruk. Pola makan berat yang tinggi karbohidrat dan lemak menyebabkan panas berlebih pada tubuh.


Cara alami untuk tetap terhidrasi adalah dengan makan buah dan sayuran yang tinggi air. Misalnya jeruk, semangka, tomat, bahkan melon. Buah-buahan ini membantu mengatur suhu tubuh dan mencegah penyakit.


5.Hindari Stres

Secara tidak langsung stres dapat memperburuk kondisi seseorang untuk cepat sakit. Untuk menghindarinya anda dapat merelaksasi tubuh anda dengan melakukan pijat.


Pijat panggilan Bsd membuka layanan mulai dari pk 8.30 - pk 22.00

Ini adalah 5 langkah sederhana yang bisa segera dilakukan, untuk menghadapi “kehidupan” di zona iklim ekstrim Indonesia yang tidak menentu. 

Popular Posts